Plt Gubernur Kepri Isdianto Kerahkan Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19

Foto: Istimewa
BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isdianto mengubah Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam menjadi satuan tugas Tim Bersatu Lawan Covid-19 Batam Kepri. Tim bergerak cepat melaksanakan instruksi Plt Gubernur Kepri Isdianto untuk gencar mengedukasi, sosialisasi dan mendampingi masyarakat demi pencegahan Covid-19 di Batam sepanjang sepekan terakhir.

Plt Gubernur Kepri Isdianto melalui Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri yang juga Ketua Tim Humas dan Publikasi Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19, Iskandar Zulkarnaen, menuturkan melihat respons masyarakat Batam yang positif dan untuk semakin menselaraskan kerja, nama tim posko oleh Pelaksana Tugas Gubernur Kepri diubah menjadi Tim Satuan Tugas Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam yang bekerja di bawah kendali Gugus Tugas Provinsi Kepri.

“Tim merupakan perpanjangan tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri yg dikomandoi oleh Pak Plt Gubernur Isdianto secara langsung,” tutur Iskandar, Sabtu (27/6/2020).

Selama sepekan, Tim Satgas, aktif menjalankan program yang ditugaskan Plt Gubernur Kepri Isdianto. Yakni mendatangkan pencipta aplikasi pencegahan Covid-19, Ahmad Alghozi Ramadhan, memfasilitasi pertemuan Alghozi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, dan mengadakan pelatihan sistem IT tracking. Alghozi telah dipertemukan dengan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad, pada hari pertama Alghozi di Batam, Selasa (23/6/2020). Alghozi sebelumnya sudah membekali penerapan aplikasi digital tracing kepada sebanyak 9 orang dari Dinas Kesehatan, Bapelkes dan Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam.

“Sesuai arahan Plt Gubernur Kepri Isdianto, agar Alghozi pertama kali harus ke Gugus Tugas Batam,” sambung Iskandar.

"Tim Satgas Bersatu kemudian telah memberikan madu tahap kedua sebanyak 10 liter kepada Rumah Sakit Khusus Infeksi Galang, Kota Batam. Sebelumnya Tim sudah memberikan 10 liter dari janji Pak Plt Gubernur Kepri Isdianto sebanyak 20 liter. Sudah terpenuhi namun sesuai arahan, jika RSKI Galang masih membutuhkan, tim memiliki stok yang standby kapan saja jika dibutuhkan,” papar Iskandar kembali.

Kemudian, Tim Satgas telah memberikan minuman imboost kepada relawan agar menambah daya tahan tubuh karena aktif bekerja membantu masyarakat. Asupan daya tahan tubuh itu sumbangan dari komunitas pengusaha Batam.

Selanjutnya tim juga sepanjang sepekan terakhir telah menyerahkan bantuan masker ke Polda Kepri, membagikan masker ke masyarakat dan komunitas yang telah mengajukan permohonan ke Sekretariat Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19. Langkah itu bagian dari program pembagian 500.000 masker sumbangan Temasek Foundation. Sebanyak 200.000 masker telah didistribusi secara langsung. Lalu melakukan koordinasi penyerahan 300 ribu masker ke Gugus Tugas Batam.

Warga Batam mulai menerima 200.000 masker antimikrobial dari Temasek Foundation dalam sepekan terakhir. Tim Satgas yang ditugaskan Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isdianto ini menyalurkan ratusan ribu masker yang bisa dipakai ulang itu untuk banyak komunitas diantaranya tempat ibadah, komunitas ojek online, perumahan, dan relawan.

Tim Satgas juga dibantu Dirintelkam Polda Kepri dan relawan untuk menyerahkan langsung masker kepada masyarakat. "Langkah ini upaya Tim Satgas sebagai pencegahan Covid-19 di Batam. Ada satu juta masker dari Temasek yang akan dibagikan di Batam, 200.000 sudah kami distribusikan sesuai instruksi Plt Gubernur Kepri Pak Isdianto agar masker cepat dibagikan," papar Iskandar Zulkarnaen.

Iskandar menjelaskan, masker tersebut dibantu oleh Temasek Foundation, Singapura untuk Kepri. Masker ini punya lapisan luar antimicrobial dan telah dites secara medis melawan bakteri dan virus dengan tingkat efektif 94 persen melawan virus influenza dan Sars CoV-2. Masker bisa dipakai ulang dan bisa bertahan sampai dua bulan.

Tim Satgas, lanjut Iskandar, membagikan masker tersebut ke banyak lokasi sepanjang sepekan terakhir. Beberapa lokasi itu antara lain, masjid Perumahan Hang Lekir Batam Center di RRT 003/RW 005 serta lingkungan perumahan tersebut. Kemudian Masjid Nurul Fajar Blok 5, Baloi. Lalu Tim Satgas bersama Dirintelkam Polda Kepri membagikan masker serta sembako kepada komunitas ojek online. Selanjutnya ke Perumahan Simpang Raya Indah RT02/RW23 Kecamatan Belian, Batam Kota, RW 20 Perumahan Bandara Mas dan Perumahan Odessa. Masker juga diserahkan untuk Polda Kepri.

Ia menyatakan Plt Gubernur Kepri Isdianto menginstruksikan Tim Satgas untuk gencar mengedukasi masyarakat untuk memakai masker demi mencegah penyebaran Covid-19 tak cuma membagikan masker.

"Memakai masker membantu kita melawan virus ini. Jika semua memakai masker, kita mampu memperlambat penyebaran virus. Kita bisa melawan Covid-19 secara bersama-sama," ujar Iskandar.

Sumber: Diskominfo Kepri

Tags ,
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.