Azril Apriansyah: Satu Keluarga di Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19

Fhoto: Covid-19.
BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan virus Corona atau Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah, menyampaikan, tim gugus tugas covid-19 Batam kembali mengkonfirmasi tiga warga Bengkong, Kota Batam, terpapar virus corona. Ketiganya dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan sampel swab PCR-nya keluar.

"Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil screning dan tracing closes contact dari terkonfirmasi positif Nomor 35 yang telah meninggal dunia," kata Azril, Senin (11/5-2020).

Kata Azril, warga yang Terkonfirmasi Covid-19 pada kasus ini, merupakan satu keluarga yang merupakan tetangga dari kasus Momor 35 yang saat ini tengah menjalani karantina mandiri ditempat tinggalnya.

"Adapun rincian dari kasus ini adalah 2 (dua) orang laki –laki dan 1 (satu) Orang perempuan," ujarnya.

Azril menjelaskan, adapun pasien yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Seorang Anak laki –laki berinisial RA usia 14 Tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Bengkong, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 40 Kota Batam.

Sementara itu, kata dia, pasien kedua adalah Seorang laki – laki berinisial Tn.RA seorang Mahasiswa berusia 20 Tahun, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 41 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan kakak tertua dari kasus Nomor 40.

"Sementara pasien yang terakhir adalah Seorang pelajar perempuan berinisial Nn.WC berusia 18 Tahun, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 42 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan adik kandung dari kasus Nomor 39 dan kasus Nomor 40," tambahnya.

Ketiga kakak beradik sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, lanjutnya, mereka tinggal bersama setelah ayahnya meninggal dunia dan ibunya bekerja sebagai TKW di Malaysia.

"Selama ini, keperluan hidup sehari-hari keluarga ini dan bahkan untuk bekal jajan sekolah yang bersangkutan banyak dibantu oleh tetangganya yaitu keluarga Almarhum Bapak DD yang terlebih dahulu terkonfirmasi Covid-19 dan merupakan kasus Covid- 19 Nomor 35 di Kota Batam," tandasnya.

Sehubungan dengan adanya kasus Nomor 35 tersebut, sambungnya, satu keluarga ini telah dilakukan RDT pada tanggal 02 Mei 2020 oleh Tim penanganan Covid-19 Puskesmas Sei dengan hasil  Non Reaktif dan selanjutnya diedukasi untuk melakukan karantina mandiri.

Namun pada tanggal 08 Mei 2020, tuturnya, yang bersangkutan kemudian dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros Batam yang hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19.

"Sementara adik bungsu dari ketiga pasien yang baru berusia 7 Tahun 8 Bulan setelah melakukan RDT dan pengambilam swab tenggorokan bersama dengan kakak- kakaknya dengan hasil Non Reaktif dinyatakan Terkonfirmasi Negatif Covid-19," tukasnya.

Sejauh ini, katanya lagi, kondisi semua pasien cukup stabil dan tidak pernah merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dilakukan proses persiapan perawatan isolasi untuk penanganan kesehatan lebih lanjut di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

"Sedangkan untuk adik bungsunya dilakukan isolasi terpusat di Rusun Tanjung Uncang, Kota Batam," pungkasnya.

Dengan semakin berkembangnya penyebaran kasus nomor 35 tersebut, saat ini tim survelans Dan Epidemiologi terus bergerak melakukan proses contact tracing dan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terhadap kasus-kasus terkonfirmasi tersebut.

Redaksi
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.