Breaking News

BTKLPP Kelas I Batam Mampu Laksanakan Pemeriksaan Uji Laboratorium Swab Pasien Suspeck Covid-19 di Kepri

 Kepala BTKLPP Batam Slamet Siswanto. (Fhoto: Istimewa). 
KEPRIAKTUAL.COM: Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah mampu melaksanakan pemeriksaan uji Laboratorium Swab pasien Suspeck Covid-19 di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Kepala BTKLPP Batam Slamet Siswanto melalui Realease penggunaan PCR real timedi BTKLPP Batam, Minggu (12/4-2020).

"Alhamdulillah, saat ini BTKLPP Batam sudah bisa memeriksakan sample Swab di provinsi Kepri," ungkap Slamet.

Disampaikan Slamet Siswanto, dengan adanya Pemeriksaan Swab melalui alat PCR bantuan pemerintah Singapura ini dapat mempercepat pemeriksaan dan penentuan hasil uji Swab tanpa harus dikirim ke Kemenkes pusat.

Baca Juga:

Aunur Rafiq Kunjungi Lokasi "Karantina" Warga yang Masuk Karimun


"Berkat dukungan semua pihak teruta Pemerintah kota Batam dan Provinsi Kepri kini penggunaan alat PCR ini dapat dioperasikan karena telah memenuhinya persyaratan minimal Biosafety level 2," tegas Slamet.

Dijelaskan Slamet, melalui alat merk Biorad seri CFX96 seperti  semua alat PCR yang ada di BTKLPP adalah Real Time PCR.

"Kemaren sempat tertunda karena ada beberapa bahan/reagen yang belum ada. Alhamdulillah kemaren sudah sampai dari kementrian walau belum banyak (untuk Pemeriksaan 200 sample)," jelas Slamet.

Untuk itu, lanjut Slamet pihak BTKLPP tetap mengharapkan bantuan dari semua pihak dalam hal ini pemerintah kota Batam dan Pemerintah Provinsi yang memberikan bantuan Reagen dan lain-lainya yang dibutuhkan untuk berkesinambungan atau konsisten dalam pemeriksaan selanjutnya.


(***)
Bagikan:
Baca juga