Amsakar Achmad: Jumlah WNI Balik dari Malaysia dan Singapore ke Batam Seribu Lebih

Fhoto: Istimewa WNI Balik dari Singapore dan Malaysia.
BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Seribu lebih warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia dan Singapura pulang melalui Batam, Sabtu (28/3).

“Ada 1.372 orang WNI yang pulang ke tanah air melalui Batam hari ini. Masuk dari dua pelabuhan internasional kita yaitu Batam Centre dan Harbour Bay,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Amsakar Achmad di Asrama Haji Batam.

Pemulangan WNI ini memang terkait dengan penanganan Covid-19 di dua negara tetangga tersebut. WNI yang umumnya pekerja migran ini dipulangkan secara bertahap.

Adapun yang dipulangkan Sabtu kemarin rinciannya yaitu 1.322 orang dari Malaysia. Sebanyak 1.103 orang masuk melalui Batam Centre, dan 219 orang melalui Harbour Bay.

Sedangkan WNI dari Singapura berjumlah 50 orang. Masuk melalui pelabuhan Batam Centre 40 orang dan Harbour Bay 10 orang.

“Sampai di pelabuhan, saudara-saudara kita yang baru pulang ini langsung dibawa ke Asrama Haji untuk dilakukan pendataan. Selain itu juga dicek kesehatannya. Semua dalam keadaan sehat,” kata Amsakar, dikutip dari situs MCB.

Wakil Wali Kota Batam ini memaparkan, bagi warga Batam dipersilakan langsung kembali ke rumah masing-masing usai pemeriksaan kesehatan. Dan mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri (self isolation).

Warga yang transit, sebagian langsung pulang ke daerah masing-masing pada hari itu. Gugus tugas Batam sudah koordinasi dengan pemerintah daerah asal warga tersebut untuk pemantauan lanjutan.

“Ada sebagian yang transit dan masih menunggu jadwal keberangkatannya Minggu dan Senin. Jumlahnya 16 orang. Mereka diinapkan di Asrama Haji,” kata dia.


(***)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.