Dinas BMSDA Kerahkan Alat Berat Dibeberapa Titik Untuk Menormalisasi Parit

Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Awal tahun ini, di musim penghujan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) mengintensifkan normalisasi parit. Hal itu dilakukan, kata Kadis BMSDA, Yumasnut, agar drainase berfungsi normal, aliran air lancar, dan tidak terjadi banjir.

"Ini saya lagi meninjau pekerjaan di Batuaji. Kita kerahkan alat berat untuk normalisasi di beberapa titik, termasuk di sini," kata Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur, Rabu (10/1).

Menurut Yumasnur, seluruh alat berat yang ada dikerahkan untuk normalisasi drainase. Adapun alat berat yang dimiliki Dinas BMSDA antara lain long-arm excavator, amphibi excavator, dan medium excavator.

Selain itu, Dinas BMSDA juga menggandeng camat dan lurah dalam proses normalisasi ini. Pemerintah mengajak masyarakat melalui RT RW untuk memantau kondisi lingkungannya masing-masing. Bila ada drainase yang perlu dinormalisasi agar segera menghubungi kecamatan.

"Misal kalau ada pendangkalan parit atau ada bangunan liar di sisi parit, atau ada kegiatan tanam tumbuh, bisa langsung lapor," ujarnya.

Camat Batuaji, Ridwan Afandi mengatakan pekerjaan yang ditinjau BMSDA saat itu juga merupakan hasil laporan masyarakat. Menurutnya ada tiga titik yang dipantau tim.

"Ada sekitar tiga titik di Tanjunguncang yang kami pantau. Paritnya dangkal," kata dia.

Pekerjaan normalisasi drainase juga tampak di parit utama kawasan Seibeduk, tepatnya di depan SPBU Tanjungpiayu. Satu unit long-arm excavator bekerja membersihkan drainase dari sampah dan sedimen. Pekerjanya mengatakan mereka juga mendapat tugas bersihkan parit di sekitar perumahan GMP dan Mangsang.

Sumber: MCB
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.