Breaking News

Meningkatkan Wisatawan, Kemenpar Gelar Kemilau Sumatera

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kepri, Samsul Bahrum
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Kementrian Pariwisata RI, gelar acara kemilau Sumatera 2017 dengan tema Pesona Sumatera Pulau Emas di Kepri Mall Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumata (27/10-2017). Pembukaan acara tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti.

Pelaksanaan acara Kemilau Sumatera tahun 2017, yang selalu berganti, Provinsi Kepri menjadi selaku tuan rumah.

Acara kemilau Sumatera 2017, hadir Gubernur Kepri yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintahan Kepri, Samsul Bahrum, Kepala Dinas Pariwisata se Sumatera, Ketua Assosiasi Pariwisata (Asita), Andikalim, dan para pengusaha Biro Perjalanan Wisata (BPW) Sumatera, Singapura dan Malaysia.

Dalam sambutan Esthy Reko Astuti mengatakan, acara tahunan yang disenggelarakan oleh Kemenpar dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27 dan 28 Oktober 2017. "Pesona Sumatera Pulau Emas menampilkan pameran paket wisata," ujarnya.

Lanjutnya, Pesona Sumatera Pulau Emas menampilkan pameran paket wisata, dan cinderamata dari propinsi dan kabupaten Sumatera, serta pertunjukan pentas seni budaya, dengan atraksi artis nasional Budi Do Re Mi, sebagai bentuk dukungan, khususnya dalam menggarap pasar wisatawan nusantara dan juga dalam mendukung Pesona Indonesia untuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Acara penting medukung Kemilau Sumatera adalah keikutsertaan para pemain dalam industri pariwisata pada Travel Agency Meeting dan Table Top Meeting antara Biro Perjalanan Wisata dari propinsi dan kabupaten, yang merupakan ajang untuk bertukar informasi dan ajang bisnis antar BPW. Travel Agency Meeting diadakan pada tg 26 pagi di The Centro Hotel and Residence Sukajadi Batam. Bagi propinsi dan kabupaten dan bagi BPW yang ikut serta dalam pameran Pesona Sumatera Pulau Emas, Kementrian menyiapkan stand – stand gratis.

Kemudian, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan Kilau Sumatera adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara antar kabupaten/kota, antar provinsi dan antar pulau, meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri dan mendorong kalangan media/pers untuk turut aktif mempromosikan pariwisata Indonesia.

Esthy menambahkan bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya citra positif Indonesia sebagai tujuan daerah wisata di kalangan masyarakat Indonesia, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara antar kabupaten/kota, propinsi dan antar pulau dan diharapkan juga adanya peningkatan kunjungan wisman ke Sumatera, serta terdistribusinya pergerakan wisatawan nusantara ke seluruh wilayah di tanah air.

"Wisnus merupakan kekuatan pariwisata nasional karena setiap tahun jumlahnya terus meningkat. Bila tahun ini wisnus yang mengadakan perjalanan," ujarnya. 

Hal senada diungkapkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum, mewakili Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Ia mengapresiasi kementerian pariwisata yang menyelenggarakan kegiatan Kemilau Sumatera 2017. 

Menurut Bahrum, Indonesia termasuk multi dimensi di bidang pariwisata. "Dengan keberagaman tersebut, sudah selayaknya perolehan devisa dari sektor pariwisata bisa terus meningkat," ujarnya.


(Red/Kepriaktual.com)
Bagikan:
Baca juga