Saksi Yusril: Air Minum Mineral Sanford Dari ATB, Bukan Sumber Mata Air Alami

Yusril Koto Saat Memberikan Keterangan Sebagai Saksi
BATAM KEPRIAKTUAL.Com; Nasib Siahaan SH, selaku Kuasa Hukum termohon Jery Makassau hadirkan saksi dipersidangan Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (04/5-2017).

Menurut saksi Yusril Koto (Konsumen-red), sudah lima tahun menjadi konsumen air minum Sanford. Setelah ia baca dalam label air minum Sanford yang dikemas dalam botol, barulah ia merasa tertipu, karena di lebel tersebut disebutkan air minum mineral alami. Ternyata tidak, air minum Sanford di kelolah (Diproduksi-red) dari ATB, bukan sumber mata air dari pegunungan. Dan itu ia ketahui sejak akhir tahun 2016.

"Air minum mineral Sanford itu diambil dari ATB. Bukan air minum mineral dari sumber mata air pegunungan. Tempat produksinya ada di Batam Center,"ujar saksi Yusril dihadapan Majelis Hakim Mangapul Manalu didampingi Hakim anggota Marta dan Rozza. "Semuanya label kemasan Sanford, sama. Mengatakan air minum mineral Sanford dibuat dari air minum alami,"terangnya kembali.

Karena itu, kata dia, ia merasa tertipu. Dia juga menerangkan, bahwa sumber air yang diproduksi menjadi air minum sanford, itu diambil dari Dam Duriangkang, yang dikelolah oleh ATB, kemudian PT Gajah Ijumi Perkasa sebagai pemohon menyambungkan pipa air ATB ke mesin produksi air minum mineral Sanford.

"Sepengetahuan saya, air minum alami yang diproduksi dalam kemasan botol. Itu dari sumber mata air alami, lalu tempat produksi penyulingan ada tepat disekitar sumber mata air,"ujar Yusril.

Dipersidangan, saksi juga memaparkan peraturan menteri perindustrian no. 96/M-IND/PER/12/2011 tentang persyaratan Teknis Air Minum Dalam kemasan, Peraturan Menteri Perinduatrian No.49/M-IND/PER/3/2012 tentang pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Air Minum Dalam Kemasan, Peraturan Dirjen Industri Agro No. 22/IA/PER/5/2012 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberlakuan dan Pengawasan Penerapan SNI Air Minum dalam Kemasan secara wajib.


(Red/Kepriaktual.com)
Tags ,

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.