Jelang Lebaran, Kemendag Tinjau Harga Sembako Dipasar

Syahrul Mamma Tinjau Harga sembako.
BATAM KEPRIAKTUAL.Com; Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Syahrul Mamma yang didampingi Kepala Bulog Divre Riau Kepri, Awaludin Iqbal dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra dan Kadisperindag Provinsi Kepri, menggelar sidak di pasar Mega Legenda, Rabu (26/4-2017) pagi.

Satu persatu warung pedagang disinggahinya, untuk menanyakan harga sembako berupa telor ayam, minyak goreng, beras, cabe, daging dan lain sebagainya.

Syahrul Mamma dalam hal ini mengatakan, pasokan stok harga barang sembako dipasar ini, sampai saat ini belum ada juga yang terkendali, walaupun diatas rata-rata Nasional, tapi ada juga harga sama dengan harga nasional.

"Jadi, dalam rangka TNBK ini, kata Syahrul Mamma, mari kita bersama-sama khususnya bulan puasa dan lebaran, kita tidak perlu takut, barangnya masih ada, dan harganya juga masih terkendali,"ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, barang prodak luar yang masih ada beredar di pasar-pasar. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membeli lagi barang-barang luar.

"Hal ini, kami akan berkordinasi nanti pada pemda setempat, supaya melarang, jangan lagi mengambil barang prodak dari luar, dan menjual barang produk dalam negeri saja, karena itu, kita tidak tau  kualitasnya, sebab barang luar yang masuk tidak melalui karantina,"himbaunya.

Ia juga mengatakan, selain mengunjungi pasar ini (Mega Legenda-res), tidak ada lagi yang mau dikunjungi. "Kemarin sudah selesai semuanya, ke detail-detail moderen suda dicek. Harga detail gula pasir 12,500 per Kilo gram, minyak makan curah 10.500 per kilo gram, minyak goreng kemasan sederhana 11.000 per kilogram, daging 80 ribu per kilogram, semuanya sudah selesai,"tuturnya.

Saat ini para distributor sedang mendaftarkan diri sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20/M-AG/PER/3/2017 Tahun 2017 tentang pendaftaran pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok.

Ditambahkanya, ini kita laksanakan dulu sebagai detail moderen dulu sebagai praes laeder, sehingga pasar tradisional nanti mengikutinya, dan turun juga semua harga sembako.

sementara itu, Kepala Bulog menyampaikan, persiapan beras, gula dan daging sudah disediakan.

"Kalau beras dan gula masih ada disini. Daging kita lihat aja perkembangan nanti, tadi kebutuhan pedagang yang dibutuhkan saat ditanyakan tadi, sudah disiapkan, dan supaya didatangkan daging dari Jakarta,"kata Kepala Kator Bulog Divre Riau Kepri, Awaludin Iqbal.


(Red/Kepriaktual.com)
Tags ,

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.