Tudingan Sewa Mobil Siluman, Kadisdik Bintan: Bus Kita Sewa Untuk Transportasi Siswa Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir (Foto:Net).

KEPRI|KEPRIAKTUAL.COM: Terkait sewa mobil mini bus yang dianggarkan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan tahun 2022, dengan pagu anggaran sebesar Rp 4.761.042.000,-. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir mengatakan, sewa mobil bus itu digunakan untuk transportasi penjemputan anak didik (Siswa) sekolah yang jauh dari sarana pendidikan (sekolah) di Kabupaten Bintan.

Kata Tamsir, bus itu sudah di fasilitasi sejak tahun 2012. Dimana Geografis Bintan itu, tidak sama dengan Geigrafis Tanjungpinang. Geografis Bintan berjauhan antara penduduk dengan sarana pendidikan sekolah. Dan tidak ada transportasi umum. 

Kalau anak didik dibiarkan dengan menggunakan sepeda motor, itu rawan terjadi kecelakaan, karena melewati jalan lintas Barat, Tengah dan lintas Timur, itu sangat ramai. Mobilitas sangat padat. Dan konsekuensinya, jika tidak di fasilitasi, banyak anak-anak yang tidak sekolah atau putus sekolah. Karena jarak antara sarana sekolah dengan penduduk ada dari 10-30 Kilometer.

"Jadi harus kita fasilitasi dengan antar jemput siswa yang bersekolah. Dan anak yang dekat dengan sarana pendidikan, tidak mengunakan transportasi. Yang kita fasilitasi adalah anak didik yang jauh dari sarana pendidikan. Jadi jangan dibilang sewa mobil bus di Dinas Pendidikan itu, Siluman. Peruntukanya jelas," ujar Tamsir saat dikonfirmasi via telpon, Jumat (25/11-2022).

Lebih lanjut diterangkan Tamsir, kalau mobil antar jemput siswa ini di stop, orang tua siswa pada komplin. Dan ini sudah pernah terjadi, pernah mobil bus jemputan siswa di stop, orang tua siswa pada komplin.

Ditambahkan, Kabid Pendidikan atau PPK, Johari, jelas, mobil bus itu di sewa, untuk peruntukan transportasi siswa yang ada di Bintan, yang jarak tempuhnya (Geografisnya) jauh dari sarana pendidikan. 

"Mobil jemputan siswa di lelang dan terbuka untuk umum, diangarkan sebesar Rp 4.761.042.000, Reficussing 300 jt, Sisa 4.461.042.000. Jadi bukan penunjukan langsung, dan jumlah mobil yang disewa ada sekitar 30 unit mobil. Dan pemenangnya PT. Aneka Jaya," kata Johari. 

Nanti, lanjutnya, biar lebih jelas dan tidak mempraduga yang nggak-nggak, mari kita sama-sama mengecek ke lapangan. "Rute siswa jauh-jauh dari sarana (Lokasi) pendidikan. Karena itu, biar jelas, kita sama-sama mengenceknya kelapangan," kata Johari kembali.

Alfred
Tags ,


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.