Peduli Lingkungan Hidup, Danlanud RSA Tanam Pohon dan Bakti Sosial Hari Bakti TNI AU ke-75

Foto Bersama Danlanud RSA dengan Bupati Natuna. 

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Menyambut Hari Bakti TNI Angkatan Udara  ke-75 tanggal 29 Juli tahun 2022 mendatang, Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Raden Sadjad (RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC (J)., didampingi Bupati Natuna Wan Siswandi S.Sos., M.Si, melaksanakan Penanaman Pohon dan Bakti Sosial menyerahkan sembako kepada Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Cabang 23 Ranai Kabupaten Natuna bertempat di Kota Tua Desa Penagi, Jumat (22/7/2022).
 
Dalam sambutanya Danlanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC (J) mengatakan, penanaman pohon untuk mendukung pemerintah di bidang kepedulian terhadap lingkungan hidup.
 
Danlanud  RSA juga menyampaikannya  tema peringatan kali ini yaitu, ” Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani Di Kawasan”
 
Lebih lanjut disampaikannya bahwa di jajaran TNI AU turut pula mewujudkan program nasional one man one tree atau (gerakan penanaman pohon satu orang satu pohon)  yang dikaitkan dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan melaksanakan penanaman pohon di wilayah sekitar Lanud hingga perkantoran serta komplek perumahan warga Lanud Raden Sadjad.
 
"Pohon yang kita tanam ini adalah nyamplung/punaga atau latinnya Calophyllum inophyllum  dengan manfaat pohon ini, kayu nyamplung dapat digunakan untuk bahan pembuatan seperti perkakas rumah tangga, pembuatan kapal, perahu, sampan dan masih masih banyak lagi," jelas Danlanud RSA.
 
Danlanud RSA juga menambahkan bahwa pohon ini dipersembahkan khusus masyarakat Natuna dan diharap beberapa puluh tahun kedepan bisa dinikmati oleh anak-anak cucu untuk dimanfaatkan membuat Kapal maupun Sampan.
 
“Kami sengaja menanam pohon ini di pesisir pantai, selain fungsi dari mangrove, pohon Punaga ini juga bisa mencegah abrasi dari ombak laut,” ujarnya.
 
Danlanud RSA berharap kegiatan positif dalam memelihara lingkungan dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan, sehingga akan menambah luas lahan hijau yang berfungsi sebagai kawasan resapan air dan paru-paru kota Ranai.
 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Natuna mengapresiasi dan menyambut baik  kegiatan ini bahwa Lanud Raden Sadjad telah mendukung program nasional tentang penghijauan serta bergerak bersama-sama dengan tujuan yang sama untuk penghijauan di Natuna.
 
“Terima kasih kepada Bapak Danlanud Raden Sadjad atas kegiatan bakti sosial dan penanaman pohon ini semoga apa yang dilakukan mendapat ridho dari Allah SWT,” ucapnya.
 
Dalam kegiatan tersebut sebanyak  75 batang pohon Nyamplung atau Punaga ditanam di sepanjang bibir Pantai Kota Tua Penagi dan di Lanud Raden Sadjad serta sepanjang Jalan Adi Sucipto Lanud Raden Sadjad.
 
Selain penanaman pohon, Danlanud RSA dan Bupati Natuna melakukan penyerahan paket sembako secara simbolis kepada anggota  PPAU Ranai yaitu Peltu (Purn) Hasyim dan Pensiunan PNS TNI AU Bapak Ali Mansur yang merupakan bentuk jalinan silaturahmi dan perhatian Lanud Raden Sadjad beserta keluarga besar Lanud Raden Sadjad di Hari Bakti TNI Angkatan Udara  ke-75.
 
Acara ini adalah merupakan rangkaian kegiatan hari Bakti TNI AU ke-75 dan untuk diketahui, pada hari Minggu tanggal 24 Juli 2022 Lanud RSA akan menggelar Bakti Sosial Kesehatan gratis dan Donor Darah bagi masyarakat Natuna bertempat di Pantai Piwang Ranai Kabupaten Natuna.

(IK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.