Atlit Ikuti Fornas di Palembang secara Mandiri, Nuryanto Apresiasi Pengurus Portina Batam

Ketua DPRD Batam, Nuryanto saat Menerima Audiensi dari Pengurus Portina Batam.

BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Nuryanto memberikan apresiasi atas semangat dan kegigihan dati pengurus Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kota Batam dalam melestarikan olahraga tradisional di kota Batam.

Hal itu diungkapkannya usai menerima rombongan pengurus Portina Kota Batam beraudiensi dengan Ketua DPRD Batam yang dilaksanakan di Ruang Kerja Pimpinan DPRD Batam, Selasa (7/6/2022). 

Adapun tujuan dari dilakukannya audensi tersebut dalam rangka rencana keikutsertaan Portina Batam di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI di Palembang, Sumatra Selatan, pada awal bulan Juli 2022 mendatang.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan meski belum mendapatkan bantuan melalui APBD Kota Batam, namun semangat pengurus dalam mengembangkan olahraga tradisional di kota Batam patut diacungi jempol.

“Saya baru tahu juga. Kita tentu sangat mengapresiasi semangat kawan-kawan ini. Uniknya, kawan-kawan ini sudah mengikuti ajang nasional ini sebanyak enam kali dengan pendanaan mandiri, luar biasa menurut saya,” ujar Nuryanto sambil tersenyum.

Dalam kesempatan itu dia menghimbau kepada semua pihak baik pemerintah maupun pihak swasta untuk bersama-sama membantu Portina Batam agar bisa mengikuti Fornas di Palembang pada bulan Juli mendatang 

"Dikarenakan pembiayaannya belum bisa melalui APBD, jadi untuk saat ini mari bersama-sama kita urungan, gotong-royong, semampunya, supaya Batam bisa mengirimkan atlitnya bertanding dikancah nasional,” ajaknya.

Kemudian, kepada pengurus Portina Batam agar secepatnya melengkapi legalitas yang diperlukan. Selain itu segera menyusun rencana kerja dan mengusulkannya ke Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Batam supaya bisa dianggarkan di APBD tahun berikutnya. 

Sehingga, dengan mendapatkan anggaran dari Pemerintah, pengurus tidak kesulitan dalam pembinaan organisasi dan mengikuti kegiatan seperti Fornas.

“Segera urus dan jalani aturan yang ada. Sehingga bisa dianggarkan untuk APBD 2023,” kata Cak Nur.

Terakhir dia pun mendoakan kontingen Portina Batam di Fornas Palembang nanti menuai hasil yang positif dan mengharumkan nama Batam di kancah nasional.

“Kita mendoakan nanti atlit dari Batam dapat mendulang emas,” harapnya.

Sementara, Ketua Portina Batam, Zainal Arifin mengakui kepengurusan Portina Batam memang baru terbentuk awal tahun ini. Sehingga untuk mendukung kegiatan termasuk dalam rangka rencana keberangkatan kontingen ke Fornas Palembang belum bisa mendapatkan bantuan dari Pemko Batam melalui APBD Kota Batam.

"Pengurus baru mendapatkan SK dari Pusat pada bulan Februari (2022) lalu,” ungkapnya.

Meski demikian lanjutnya pihaknya tetap berusaha mencari sponsor, baik ke perorangan, organisasi, dan lainnya.

“Rencananya tim yang mau berangkat sekitar 50-an orang, pemain, pelatih, termasuk official. Ada enam cabang olahraga yang akan kita ikuti, di antaranya Engrang, Hadang, Tarompa Panjang, Tepuk Bantal. Dana yang kita butuhkan sekitar Rp300 jutaan,” jelasnya.

Zainal dan pengurus lainnya mengucapkan terima kasih banyak pada Ketua DPRD Batam, Nuryanto yang telah meluangkan waktu untuk bertemu dan mendengarkan keluh kesah mereka. Dan yang paling membahagiakan kata Zainal, mereka mendapatkan banyak pelajaran, masukan, dan solusi dari Nuryanto.

“Alhamdulillah kami diterima Ketua Cak Nur (Nuryanto) dan begitu banyak solusi yang kami dapatkan. Mudah-mudahan dengan arahan dari Cak Nur kami dapat memberangkatkan tim ke Palembang,” ujarnya.

Selain itu mereka pun juga berharap dalam waktu dekat juga mendapatkan solusi dari Pemko Batam. Karena dalam ajang nasional tersebut mereka membawa nama Batam.

“Kita juga sudah meminta audensi dengan Pak Wali Kota (Muhammad Rudi). Rencananya hari ini juga. Tapi karena kesibukan beliau belum bisa terealisasi. Kami sangat berharap segera bertemu dengan beliau,” pungkasnya.

Fay/Redaksi
Tags ,


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.