Pemda Gelar Rapat Persiapan dan Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ ke-10 Kabupaten Natuna

Sekda Natuna, Boy Wijanarko Paryanto (Tengah) Pimpit Rapat. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Khaidir. 

Kemenag Natuna, Budi Dermawan. 

Para OPD yang Mengikuti Rapat.

NATUNA|KEPRIALTUAL.COM: Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar rapat persiapan dan pembentukan MTQ ke - 10 Kabupaten Natuna, Kamis (24/3/2022) di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna. 

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko Paryanto dihadiri Sekda Natuna, Kepala Kemenag Natuna, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat dari 13 Kecamatan. 

Dalam rapat tersebut, Sekda Natuna Boy Wijanarko Paryanto menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ tahun ini menyesuaikan Refocusing Anggaran. 
Untuk  pelaksanaan MTQ tahun ini mungkin akan berbeda dari tahun sebelumnya, hal ini menyesuaikan dengan Anggaran yang tersedia, karena saat ini ada beberapa refocusing Anggaran, sehingga pelaksanaan tahun ini di buat seefisien dan seefektif mungkin. 

"Jadi pelaksanaannya akan fokus pada inti dari MTQ itu sendiri, tanpa menghilangkan substansi dari kegiatan itu sendiri. Namun kegiatan yang dianggap tidak perlu maka akan kita hilangkan, seperti pawai dan bazar akan di tiadakan," jelas Sekda Natuna. 

"Pada kesempatan ini juga, saya minta masing masing OPD, Instansi dan stakeholder yang hadir untuk menyampaikan pandangan dan saran  agar MTQ ke 10  Kabupaten Natuna dapat berjalan dengan sangat baik," tambah Sekda Natuna.

Smementara itu, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Khaidir menyampaikan untuk pelaksanaan MTQ Kabupaten Natuna akan dilaksanakan dengan konsep minimalis namun tetap substansial. 

"Jadi MTQ ke 10 akan dilakukan di mesjid Agung , jadi konsepnya kembali meramaikan mesjid, sehingga tidak ada biaya tambahan untuk pembangunan Astaka. Kalau dilihat dari Anggaran yang minim pemilihan pelaksanaan di mesjid adalah solusi terbaik dan sekaligus meramaikan mesjid. Untuk pelaksanaan MTQ akan dilakukan 9 s.d 16 di Bulan Mei 2022. Untuk cabang perlombaan akan disampaikan dalam surat edaran sesegera mungkin, sehingga masing masing kecamatan dapat melaksanakan persiapan," ungkap Khaidir.

Diwaktu yang sama, Kepala Kemenag Budi Dermawan menyampaikan Pelaksanaan akan di laksanakan di beberapa lokasi. 

" Lokasi akan dilaksanakan di beberapa tempat sesuai dengan cabang lomba yang diikuti, diantaranya mesjid Ibnu Salim Ranai Dara, Mesjid Agung, Mesjid Annur Batu Hitam, MAN Natuna, SMAN 1 Natuna, dan Asrama Haji. Selain itu saya sampaikan kebutuhan alat yang diperlukan nanti juga akan kami sampaikan secara tertulis," ujarnyan. 

Ia juga mengatakan, pelaksanaan akan dimulai dengan registrasi sekaligus teknikal meeting pada tanggal 9 Mei 2022, lalu tanggal 10 pagi akan dilaksanakan pelantikan dewan hakim, dan malamnya akan dilaksanakan Pembukaan MTQ ke 10 Kabupaten Natuna.

Kepala Dinas Perhubungan Allazi menyampaikan hal yang perlu diperhatikan penetapan tanggal pelaksanaan harus memperhatikan jadwal kapal karena mengingat peserta tidak hanya berasal dari pulau Bunguran besar. Sehingga saat pelaksanaan nanti tidak ada kendala terkait transportasi untuk peserta dari kecamatan yang berasal dari luar pulau Bunguran besar. 

Kabag Kesra menyampaikan karena waktu persiapan yang cukup singkat, maka sangat dibutuhkan dukungan penuh masing masing kecamatan untuk menyukseskan acara MTQ, lalu dalam pelaksanaannya nanti untuk Sound System akan didukung oleh bagian umum, kami juga minta dukungan dari mesjid yang digunakan untuk pelaksanaan lomba. Untuk kepanitiaan MTQ tahun ini dari segi jumlah  jauh lebih sedikit, karena pelaksanaannya hanya fokus ke lomba. 

Pada kesempatan tersebut Sekda Natuna melakukan dialog langsung dengan masing masing pengurus mesjid untuk memastikan kesiapan masing masing mesjid dalam menyukseskan MTQ ke 10 Kabupaten Natuna, termasuk Sekolah yang dipilih untuk melaksanakan beberapa Cabang lomba. Lalu ditutup dengan penyampaian saran dan pendapat camat dari 13 kecamatan. 

Pemerintah Kabupaten Natuna berharap masing-masing Kecamatan dapat mempersiapkan kontingen dengan baik, karena pemenang dari masing masing cabang lomba akan langsung mengikuti MTQ tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang di Kabupaten Anambas. 

(IK)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.