Perlombaan Musabaqah Hafzil Qur'an Digelar di Hari Memperingati Hari Lahirnya HAB Kemenag ke-76

Bupati Amru, Hadiri Hari Amal Bhakti Kemenag ke 76.

GALUS KEPRIAKTUAL.COM: Bupati Gayo Lues H. M. Amru hadiri lahirnya Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-76 yang digelar di Kantor Kemenag Gayo Lues, Senin (20/12/2021).

Lahirnya HAB tersebut, dirangkai dengan Perlombaan Musabaqah Hifzil Qur'an bagi para Pelajar di tiga jenjang Sekolah. Untuk mendukung Program Pemerintah Daerah dalam menciptakan Gayo Lues sebagai Negeri 1000 Hafizd. Sejumlah perlombaan yang berbasis penghafal Al-Qur'an, hal ini di ikuti berbagai kalangan baik Anak anak, pelajar maupun para kaum Ibu-ibu.

Bupati Amru mengatakan, sangat mengapresiasi kepada seluruh pengurus yang telah mengadakan perlombaan itu. Ia menilai, kegiatan ini turut menjadi parameter keberhasilan Program 1000 Hafizd yang selama ini digaungkan.

"Kepada seluruh peserta untuk bersungguh -sungguh dalam mengikuti perlombaan ini agar nanti bisa bisa menjadi panutan keluarga," ujarnya.

Disamping itu, lanjut Bupati, bagi para peserta yang nantinya mampu meraih kemenangan jangan berpuas diri supaya para peserta agar memperdalam ilmu pengetahuan dibidang Qur'an dan begitupula kepada peserta yang belum meraih kemenangan, jangan putus asa, agar terus bergiat lagi latihan serta persiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya.

"Untuk mencapai Cita-cita Negeri ini untuk menciptakan generasi yang Islami,program seperti ini perlu disemarakan serta memasyarakatkan Al-Qur'an ke kehidupan masyarakat agar masa depan para generasi penerus kita dipastikan kelak akan cerah serta berakhlak mulia," cetus Bupati.

Di penghujung acara, Kepala Kemenag Gayo Lues Drs, H. Amrun Saleh, MA mengharapkan, agar kegiatan seperti ini dapat tumbuh subur.

"Terus terang saya sangat kagum sekali saat ini perlombaan yang bertemakan Al-Qur'an di Gayo Lues terus digalakan oleh Pemerintah Daerah,saya juga meyakini dengan semakin ramainya program Hafizd ini menandai bentuk upaya Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues dalam menghidupkan budaya membaca dan mencintai Al-Qur'an," kata Amrun Saleh.

Kemudian, kata Amrun Saleh, untuk memeriahkan Hari Amal Bhakti Kemenag ke 76, Kemenag Gayo Lues menggelar Perlombaan Musabaqah Hifzil Qur'an dengan mengikutsertakan hingga tiga tingkat pendidikan, diantaranya tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan para peserta yang mengikuti perlombaan ini sekitar 53 peserta.

"Dengan menghadirkan tiga Dewan Hakim dalam menilai para peserta,dan nantinya kriteria pemenang memiliki spesifikasi yang komplek. Serta tidak hanya menilai kefasihan bacaan ayat Al-Qur'an saja,akan tetapi Dewan Hakim juga akan melakukan penilaian terhadap kecocokan harkat dan ketepatan makhorijul huruf dan ke akuratan tajwid menjadi Poin Vokal para peserta," tutup Amrun Saleh mengakhiri. (MK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.