Lewat Berbagai Program, Pemko Tanjungpinang Dorong Usaha Ekonomi Perempuan

Talk Show Hari Ibu ke-93.

TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-93, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang mengadakan acara Talk Show dengan narasumber Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. 

Acara bertema "Perempuan Indonesia Berdaya untuk Pemulihan Ekonomi Bangsa Pasca Pandemi Covid-19" berlangsung secara offline dan online, di kantor DP3APM kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (22/12/2021).

Selain Rahma, hadir sebagai narasumber Ketua STIE Pembangunan, Charly Marlinda dan mentor HR Academy sekaligus Owner Dannisa Kreatif, Desiana Sari.

Dalam acara itu, Rahma memaparkan upaya dan strategi pemko Tanjungpinang dalam mendukung pemulihan ekonomi di kota Tanjungpinang, salah satunya mendorong usaha home industri dan peran serta pemberdayaan perempuan dalam peningkatan ekonomi keluarga di masa pandemi.

Sejumlah program penguatan ekonomi untuk keberlangsungan IKM dan UMKM pun terus dilakukan pemko Tanjungpinang seperti pelatihan menjahit yang sampai saat ini ada 47 penjahit dibawah binaan pemko.

Lalu, penyediaan rak promosi di enam pasar swalayan untuk promosi produk home industri IKM dan UKM, penyediaan bazar juadah nusantara, gerai pangan dan bantuan peralatan bagi kelompok tani dan galeri kerajinan. 

Selain itu, bantuan lewat dana CSR Bank Riau Kepri Syariah berupa peralatan usaha yang hingga saat ini sudah ada 282 UMKM yang menerima bantuan tersebut. Dan sebanyak 70 pelaku usaha IKM pangan Kota Tanjungpinang sudah menerima sertifikasi halal dari program dana CSR PT Bank Tabungan Negara. 

"Ini komitmen dan kesungguhan kita dalam mendukung pemulihan ekonomi dan mengangkat derajat kaum ibu-ibu yang telah berkontribusi meningkatkan perekonomian keluarga dan daerah," tutur Rahma. 

Di kesempatan ini pun Rahma berpesan kepada ibu-ibu untuk menjadi perempuan tangguh dan gigih. "Selamat hari ibu, Tetaplah semangat karena ibu-ibu adalah pejuang ekonomi rumah tangga. Kita semua harus menjadi perempuan hebat," ucap Rahma. 

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Rustam. Ia menuturkan dari aspek kemandirian ekonomi melalui pembangunan kewirausahaan. 

"Kelompok usaha ekonomi perempuan Tanjungpinang saat ini cukup banyak sekali. Apalagi, strategi dan kebijakan wali kota dalam mensuport usaha ekonomi perempuan juga banyak," kata Rustam. 

Sampena peringatan hari ibu ke-93 ini pun Rustam mengucapkan selamat. Mudah-mudahan perempuan Tanjungpinang dan Indonesia semakin mandiri dan berdaya di berbagai bidang pembangunan. 

"Tapi, tentu tidak melupakan kodrati nya di rumah sebagai pendidik generasi bangsa. Ini salah satu tugas mulia yang harus diambil oleh kaum ibu," tuturnya. 

Sementara, Mentor HR Academy dan Owner Dannisa Kreatif, Desiana Sari mengaku kagum dengan program bazar juadah nusantara dan menghadirkan produk-produk UMKM di pasar swalayan. 

Ia mengatakan program seperti ini sangat luar biasa dalam mendukung ekonomi keluarga terlebih di masa pandemi saat ini. 

"Di masa pandemi ini perekonomian menurun. Siapa yang rajin dan gigih pasti akan berhasil, sebab pemerintah sudah memberikan laluan. Jadi, manfaatkan kesempatan itu dengan baik," pungkas dia. 

Danil/DISKOMINFO


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.