Panen Perdana Cabai dalam Polibag, Sukrianto Jaya Putra: Dua Kelompok Tani Wanita Ini Akan Didata dan Dibina

Foto Bersama Kelompok Tani Usai Panen Perdana Cabai dalam Polibag 

KUNDUR KEPRIAKTIAL.COM: Kelompok Tani Wanita, Nur Nilam Sari dan Madani melakukan lanen 'Perdana' budi daya tanaman cabai dalam polibag. Kegiatan ini berlangsung tepatnaya di Desa Perayon, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Kamis (23/09/2021).

Pada kesempatan itu, Kadis Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukrianto Jaya Putra, SP.MM, hadir. Ia mengatakan, hadirnya kelompok tani wanita ini, merupakan salah satu bentuk motivasi bagi kaum wanita khususnya ibu-ibu di wilayah Kabupaten Karimun, untuk meramaikan aktifitas di bidang pertanian.

"Kegiatan di bidang pertanian, akan jadi perhatian serius oleh pemerintah. Mengingat kelompok tani wanita yaitu, Nilam Sari dan Madani terlihat serius dalam menumbuh kembangkan tanaman cabai meski dalam polibag. Dua kelompok Tani wanita ini akan kita data untuk sterusnya menjadi tani binaan Kabupaten Karimun," kata Sukrianto Jaya Putra.

Syukri juga menghimbau, kepada PPL Desa Perayon, perangkat Desa, dan Uspika Kundur Utara untuk terus memberikan motivasi dukungan dan dorongan kepada kelompok wanita ini. 

"Agar nantinya menjadi contoh bagi semua Desa yang ada di Kabupaten Karimun," ujarnya. 

Ditempat terpisah, Kepala Desa Prayon, Heri Santosa mengatakan, terbentuknya kelompok Tani Wanita Nur Nilam Sari dan Madani ini dengan menggunakan Dana Desa pada APBDes Tahun 2021.

"Berawal dari terbentuknya kelompok tani wanita ini berdasarkan hasil rapat  tingkat Dusun dan diteruskan kedalam rapat tingkat Desa. Setelah di pelajari, sangat memberikan nilai positif bagi warga, akhirnya kita dari Perangkat Desa memprioritaskan keberadaan kelompok wanita tani ini untuk terus dikembangkan,” ujar Heri.

Ditambahkan, pembinaan PPL Pertanian Desa Prayon, Edi Suprapto. Dikatankanya, dirinya optimis, yakin dan percaya, bahwa kedepannya, kedua Kelompok Wanita Tani yang ia bina akan tumbuh maju dan berkembang.

"Terima kasih warga kepada Bupati Kabupaten Karimun, Bapak H. Aunur Rafiq, S. Sos, MSi yang tidak pernah bosan memberikan semangat dan dorongan kepada warga Desa, untuk terus membudidayakan peluang pertanian dalam lingkungan Desa. Semoga dengan terbentuknya Dua Kelompok Tani wanita di Desa Prayon, kedepannya dapat memunculkan kelompok Petani lain, dan terangkatnya perekonomian warga Desa,” ungkap Heri.

Didalam acara panen perdana 'Budi Daya Tanaman Cabai dalam Polybag' juga diberikan bantuan tahap pertama kepada kelompok tani wanita 1500 Pohon bantuan bibit, pupuk kandang, pupuk kimia, insektisida. Hal itu sesuai kebutuhan serta bimbingan resmi dari PPL pertanian Desa Prayon.

Hadir didalam panen perdana Budi Daya Tanaman Cabai Desa Prayon, H. Joko Warsilo, Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Camat Kundur Utara Isnaidi, Bhabinkamtibmas Desa Prayon dan Teluk Radang Bripka. Hafiz, Uspika, tokoh masyarakat dan perangkat Desa beserta para undangan lainnya .


Ahmad Yahya

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.