Menilik Keseriusan Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanjungpinang Dalam Menangani Virus Corona di Tanjungpinang

Filemon Tambunan.
Menyusul penambahan dua warga Tanjung Pinang terinfeksi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID 19), memunculkan pertanyaan dibenak masyarakat apakah tingkat penyebaran virus Covid-19 ini masih relatif tinggi di Tanjungpinang? Warga Tanjungpinang yg terinfeksi positi Covid-19 baru-baru ini berasal dari wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Kota.

Setelah hampir 2 bulan terakhir Tanjungpinang tidak punya kasus warga yang positif Covid-19, namun akhirnya dalam 1 minggu terakhir kemarin bertambah lagi 2 warga yang positif. Tanjungpinang sendiri berdasarkan pemantauan Gugus Tugas Covid-19 Kepri masih berada di zona oranye, artinya tingkat resiko Covid-19 masih cukup tinggi.

Tidak heran bila memang dikatakan Kota Tanjungpinang akan resiko penyebaran Covid-19 masih cukup tinggi. Melihat dari beberapa titik pusat keramaian yang memang hampir setiap harinya ramai oleh masyarakat Tanjungpinang tanpa mengikuti aturan sesuai dengan protokol kesehatan lagi. Beberapa titik pusat keramaian itu bisa kita lihat didaerah tempat berjual makanan di Tepi laut, Jembatan Dompak, Bintan Center dan lain sebagainya.

Tempat yang ramai tersebut menyebabkan penerapan Physical Distancing yang tidak lagi dilakukan. Ketersediaan tempat mencuci tangan belum sepenuhnya tersedia di tempat fasilitas umum dan kedai kopi yang ada di Tanjungpinang. Selain itu Spanduk, brosur, himbauan dan ajakan lainnya yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang hal-hal yang harus dilakukan selama fase new normal untuk pencegahan penyebaran Covid-19 jarang atau tidak terlihat sama sekali disekitaran lokasi keramaian.

Pemberlakuan New Normal per 15 Juni kemarin di Tanjungpinang berarti memperbolehkan masyarakat untuk kembali beraktivitas namun tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. Akan tetapi, belum masyarakat juga disiplin untuk mengikuti aturan protokol kesehatan di fase new normal. Tim Gugus Tugas Covid-19 seharusnya terus melakukan sosialisasi-sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada saat masa new normal ini berlaku.

Tempat-tempat rawan seperti pasar, mall, rumah makan, taman area bermain dan fasilitas umum lainnya harus menjadi titik fokus dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam mengawasi sekaligus mensosialisasikan aturan yang harus dipatuhi masyarakat dalam fase new normal ini. Pembuatan kampanye-kampanye baik melalui media elektronik dan cetak tentang Pencegahan penyeberan Covid-19 ini harus terus digencarkan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Tanjungpinang.

Selain itu, Tim Gugus Tugas bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk terus melakukan dan memperbanyak Rapid Test ke masyarakat demi meminimalisir dan mempersempit area penyebaran Covid-19 ini. Harapannya, dengan melakukan hal-hal demikian, penyebaran Covid-19 di Tanjungpinang dapat ditekan dan dipersempit ruang gerak penyebarannya.


Filemon Tambunan
Tags

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.