Disnaker Batam Buka Pelatihan Tenaga Kerja

fhoto Pelatihan Para Pencari Kerja
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Dinas Tenaga Kerja Kota Batam membuka pelatihan dan peningkatan tenaga kerja di Gedung Pusat Informasi Haji (PIH) Batam, Rabu, (15/2-2018). Pembukaan acara pelatihan tersebut dihadiri Walikota Batam M. Rudi. 

Tahun 2017 lalu, kata Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, jumlah pencari kerja yang mendapatkan pelatihan keterampilan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja di Disnaker Batam sebanyak 2.553 orang. "Sekarang ini terjadi penurunan, hanya 2.320 orang saja, padahal peminat untuk mengikuti pelatihan sangat banyak," kata Rudi.

Ia menuturkan, tujuan pelatihan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja dan pendidikan adalah, untuk meningkatkan keterampilan kepada pencari kerja. Terhadap para pencari kerja yang mengikuti pelatihan akan diberikan Sertifikat. Kemudian, lanjutnya, Disnaker juga akan memberikan rekomendasi terhadap para pencari kerja yang sudah terlatih. 

"Sertifikat pencari kerja yang mengikuti pelatihan akan diberikan. Dan Disnaker juga memberikan rekomendasi kepada yang sudah terlatih," ujarnya.

Kemudiam dilanjutkan Walikota Batam M. Rudi, ia menyebut pelatihan terhadap tenaga kerja sangat penting untuk menghadapi persaingan global tenaga kerja. Tenaga kerja Indonesia hingga saat ini belum bisa berkompetisi dengan tenaga kerja asing, semisal tenaga kerja Filipina. 
"Tenaga kerja Filipina lebih terdidik dan terambil," katanya. 

Untuk itu, pesan Rudi, kepada pencari kerja yang mengikuti pelatihan, agar serius. Agar Kedepan Batam dapat menyuplai tenaga kerja seperti Filipina. 
Rudi mengungkapkan apa yang diperbuatnya saat ini untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Batam baru dapat dilihat 5-10 tahun kedepan. "Jadi bukan saat ini," ujarnya bercanda. 

Ia juga mengingatkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak bermain-main dengan anggaran. "Dikepemimpinan saya jangan main-main, harus kerja ngak bisa santai." ucapnya. 

Rudi menambahkan kedepan ia memiliki agenda besar untuk membangun Pariwisata Batam, termasuk fasilitas jalan di Batam tahun 2019 selesai semua. "Tahun lalu kunjungan wisata ke Batam 1.7 juta, kedepan Rudi menargetkan kunjungan wisata ke Batam sebanyak 3 jutaan," katanya. 


Red
Tags ,

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.