Breaking News

Tingkatkan Pariwisata, Disparbud Terima Banyak Masukan dari Dewan Kota Batam

Kadisparbud Kota Batam, Perbrialin
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Batam, Pebrialin mengaku banyak menerima masukan dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Batam untuk peningkatan pariwisata kedepannya.

"Banyak masukan yang kita dapatkan dari komisi II DPRD kota Batam tadi, terkait dengan destinasi pengembangan Dispar yang dikelola pemerintah daerah," kata Pebrialin usai RDP pembahasan RAPBD tahun 2018 di ruang rapat komisi II DPRD Kota Batam, Selasa (14/11-2017).

Kata Pebrialin, Dewan berharap pada salah satu pariwisata dikota Batam yakni Dendang Melayu dan event-event kegiatan agar dapat lebih ditingkatkan lagi dengan tampilan dari sisi kebudayaan dan juga melibatkan suku bangsa yang ada  di kota Batam.

"Karena suku di Batam itukan hitrogen, maka dari itu DPRD berharap adanya event seperti event Melayu yang kita lakukan setiap tahun yang juga mengadakan pentas seni dari suku-suku di Indonesia," ujarnya. 

Dilanjutkan Pebrialin, dalam peningkatan pariwisata, Pemko Batam juga melibatkan stakeholder yang ada dikota Batam atau yang artinya bukan hanya Pemerintah Daerah, namun juga Pemerintah Pusat.

"Kita juga berharap ada suporting dari perusahaan, komunitas serta pelaku-pelaku pariwisata untuk ikut serta meningkatkan pariwisata di kota Batam," ujarnya. 

Terkait even, kata Pebrialin, yang dilakukan di Batam dalam per tahun ada 35 even dan itu kolaborasi dengan pemerintah provinsi.

Sementara itu terkait usulan Ucok Tambusai anggota komisi II DPRD kota Batam tentang rumah melayu yang menjadii ciri khas Kota Batam agar dijadikan ikon Batam dalam menarik Turis, Ia mengatakan sebelumnya memang telah durencanakan dan telah menemukan tempat yang strategis.

"Kita sudah memiliki tempat untuk rumah Melayu dan itu ada di Nongsa. Memang status kepemilikan itu masih ada pada pihak ketiga, namun harapannnya kedepan itu bisa dikelola Pemerintah Daerah. Itulah langkah awalnya lalu akan kita sampaikan kepada Walikota," jelas Ucok. 

Ketika ditanya terkait dengan Wisatawan mancanegara (Wisman) yang ditargetkan untuk Batam sebesar 1, 7 juta wisman, Pebrialin mengatakan bahwa hingga September telah mencapai 1 juta 88 ribu Wisman yang datang ke kota Batam.

"Itu merupakan data dari BPS dan kalau dibandingkan dengan perSeptember 2016 ada terjadi kenaikan wisman sebanyak 30 ribuan yang datang ke Batam. Selsin itu kita masih ada tiga bulan lagi dan harapan kita tahun ini bisa naiklah," tuturnya.


(Red/Jef)
Bagikan:
Baca juga