Breaking News

Gelar Kuliah Akbar di Sejumlah Titik Kampus di Kepri, Ribuan Mahasisiwa Sorakkan "No Radikalisme, No ISIS, No Teroris"

Kuliah Akbar di Universitas Putera Batam, Tembesi, Batu Aji
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Memperingati hari Sumpah Pemuda, Rektor Universitas Batam, Prof DR. Ir. Novirman, dalam Kuliah Akbar yang bertema Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme di Politeknik Batam, Sabtu (28/10-2017) menyorakkan "No Radikalisme, No ISIS, No Teroris"

Sorakan tersebut disampaikan dihari Sumpah Pemuda 2017 yang digelar serentak di sejumlah titik Kampus di Kepri, seperti di Kampus Putera Batam, Politeknik Batam dan di Lapangan Pamedan Tanjungpinang

Kata Novirman, bahwa tingginya paham radikalisme yang mempengaruhi mahasiswa, dan ini tidak hanya isapan jempol. Terbukti, ujarnya, dari sejumlah mahasiswa Indonesia yang telah terpengaruh dengan kegiatan-kegiatan radikal yang berujung "Teroris". Seperti yang terjadi, menjadi “Pengantin” pada aksi bom bunuh diri, bergabung dengan ISIS di Suriah dan banyak lagi.

Dalam memerangi faham radikalisme, masyarakat Kampus, sepakat akan menggelar aksi serentak yang terpusat di 34 provinsi se-tanah air. "Pada kegiatan yang dinamakan Gerakan Kebangsaan ini. 4,7 juta Mahasiswa se-Indonesia akan berikrar memerangi Radikalisme dan hanya menjunjung Ideologi Pancasila," kata Novirman. 

Novirman berharap, dengan gerakan ini, faham-faham radikalisme yang secara perlahan dan tanpa sadar telah menyusup ke jantung-jantung organisasi pemuda. "Khususnya di kampus-kampus dapat dihapuskan," ujarnya. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 ini, lanjutnya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari kuliah akbar ini, jelasnya, mahasiswa di Kepri mengerti tentang paham radikalisme yang mengganggu generasi muda. 

"Dan dalam kegiatan ini juga langsung di deklarasikan lima poin sebagai bentuk penangkalan terhadap paham radikalisme," terang Novirman. 

Berikut Deklarasi Kebangsaan yang akan dicetuskan dalam Gerakan Akbar Kebangsaan 28 Oktober 2017 secara serentak se-Indonesia.

1. Satua Ideologi : Pancasila
2. Satu Konstitisi : UUD 45
3. Satu Negara : Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4. Satu Semboyan : Bhineka Tunggal Ika
5. Satu Tekad : Melawan Radikalisme dan Intoleransi.

(Red) 
Bagikan:
Baca juga