Breaking News

Rapat Paripurna, Anggota DPRD Kota Batam Banyak Tidak Hadir. Suardi Tahirek: Saya Merasa Malu

Ketua Badan Kehormatan Gelar Konfrence Pers
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Banyaknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Batam yang tidak hadir dalam rapat Paripurna, Jumat (22/9-2017). Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Suardi Tahirek, merasa malu. 

"Saya merasa malu. Sudah juga diskor sebanyak tiga kali, tapi jumlah anggota dewan yang hadir cuma 17  orang. Itu, tidak memenuhi kuorum," kata Suardi saat konferensi pers di gedung DPRD Kota Batam.

Dia juga menyampaikan, akibat tidak hadirnya anggota dewan sehingga tidak memenuhi kourom, berimbas pada tidak dilanjutkannya rapat paripurna. Agenda paripurna terpaksa diagendakan kembali melalui Badan Musyawarah (Bamus). "Padahal, agenda rapat paripurna sangat padat," katanya. 

Untuk itu, terang Suardi, Badan Kehormatan DPRD Kota Batam akan melakukan teguran sekaligus melayangkan surat secara tertulis kepada ketua fraksi masing-masing. 

"Sesuai Tata Tertib (Tatib) jika berturut-turut selama enam kali tidak mengikuti paripurna diberhentikan dari anggota dewan." katanya. 

Selama ini, terang Suardi, BK juga sudah melayangkan surat terguran secara tertulis kepada anggota dewan yang tidak mengikuti rapat paripurna secara langsung. "Mungkin tidak dibaca atau tidak diindahkan," katanya. 

Oleh karena itu, saat ini ungkap Suardi, BK akan mengirimkan surat teguran tertulis tersebut ke pimpinan fraksi. "Biar pimpinan fraksi yang menegur anggotanya masing-masing." ujarnya. 

Suardi menyampaikan, sejak menjadi anggota DPRD Kota Batam, setiap anggota dewan telah memiliki agenda masing-masing seperti yang diagendakan di Bamus, namun ketidakhadiran dalam rapat paripurna kali ini tidak diketahui kemana. "Kalau lihat absen, tidak ada absensinya," ucap Tahirek. 

Hal senada diungkapkan Aman. Ia mengatakan rapat paripurna merupakan forum tertinggi di DPRD  karena itu sudah kewajiban dari setiap anggota dewan untuk menghadirinya. "Kita memiliki tanggungjawab moral dan ini Marwah kita," katanya. 

Karena itu, ia meminta kepada setiap anggota dewan untuk mengikuti rapat paripurna yang sudah diagendakan di Bamus. Hadir dalam konferensi pers tersebut Ketua Badan Kehirmaran DPRD Kota Batam Suardi Tahirek didampingi Aman, Erizal, dan Ruslan sebagai anggota. 

(Red/expossidik.com)
Bagikan:
Baca juga