Kalah Malu, Syiah Iran Tarik Investasi di Saudi

Presiden Iran Hassan Rouhani/ reuters
TEHERAN - Teheran menyatakan memutuskan semua hubungan komersialnya dengan Riyadh dan menuduh Saudi melakukan penyerangan ke kedutaannya di Yaman.

Pada Kamis (7/1) kemarin, Iran menyatakan memutuskan semua hubungan komersial mereka dengan Riyadh. Sebelumnya, Saudi pada Senin (4/1) juga menyatakan menghentikan hubungan perdagangan dan lalu lintas udara mereka dengan Iran.

Sekutu Saudi juga mengambil langkah yang sama. Bahrain, Sudan, Djibouti dan Somalia menghentikan hubungan diplomatik mereka dengan Iran pekan ini. Sementara Uni Emirat mengurangi hubungan dan Kuwait, Qatar serta Komoro menarik utusan mereka dari Iran setelah kedutaan Saudi di Teheran diserang.

Dalam rapat kabinet yang dipimpin oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Kamis, Teheran telah melarang semua impor dari Arab Saudi. Iran juga mengatakan, pesawat tempur Saudi telah menyerang kedutaan mereka di Sanaa, Yaman.

"Arab Saudi bertanggung jawab atas kerusakan gedung kedutaan dan cedera beberapa stafnya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hossein Jaber Ansari.

sumber: Reuters

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.