Monday, April 16, 2018

Musda I DPD AJO Indonesia Riau, Rival Achmad Labbaika: Berita Hoax Dapat Merusak Nilai Kebagsaan

Ditulis oleh: Redaksi kepriaktual.com     Monday, April 16, 2018    

Ketum DPP AJO Indonesia, Rival Achmad Labbaika Buka Musda I DPD AJO Indonesia Riau
RIAU KEPRIAKTUAL.COM: Musda I Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AJO Indonesia Riau di Baliview Simpang Tiga, Pekan Baru, Provinsi Riau, dibuka Ketua Umum (Ketum) Rival Achmad Labbaika, Minggu (15/4-2018).

Rival Achmad Labbaika, Ketua Umum DPP AJO Indonesia dalam sambutannya mengatakan, media yang tergabung di AJO Indonesia dalam menghadirkan berita dan menyajikan berita-berita yang diharapkan bernilai, serta mengandung nilai-nilai luhur Pancasila, berita-berita yang membangun

Kemudian, Ia menegaskan, bahwa berita-berita Hoax, atau fake news (berita palsu) dan yellow journalism dapat merusak dan mengoyak nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu bagi anggota AJO Indonesia yang menyajikan berita Hoax, pengurus AJO Indonesia akan mengambil sikap dan tindakan tegas. "Berita-berita Hoax dapat merusak nilai-nilai kebangsaan kita," tegasnya.

Dalam paparannya Rival Achmad memberikan beberapa konsep SEO, yang menurutnya menjadi hal penting untuk dipahami oleh pelaku industri digital dalam hal ini Online Media termasuk dalam industri digital itu sendiri.

"Saya tak pernah meragukan kemampuan jurnalistik serta pemahaman jurnalistik teman-teman media yang hadir hari ini, terutama media-media yang tergabung dalam AJO Indonesia. Namun yang harus disadari kita ada dalam era industri 4.0, adalah sebuah keharusan bagi pemilik media pun pemimpin redaksi, juga para senior redaktur hingga jurnalis dan reporter media-media yang tergabung dalam AJO Indonesia untuk merubah paradigma dan pola pikir jurnalis konvensional ke dunia digital," jelas Rival.

Lanjut Labaikka, arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic,dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

"Menghadapi tantangan tersebut, kita semua para pelaku media online yang berada dalam industri digital harus memiliki pemahaman yang mumpuni tentang Industri digital itu sendiri, paham SEO, mengerti apa itu Digital Marketing, untuk mengembangkan Media Online kita," ujar Rival.

Menurut Ketua DPD AJO Indonesia Riau Alex Sander Suprapto melalui, Sekretaris DPD AJO Indonesia Riau, Puncak menjelaskan, bahwa Musda DPD AJO Indonesia Riau ini diharapkan seluruh pelaku yang tergabung ke AJO Indonesia Provonsi Riau baik itu pemilik, redaksional dan wartawannya mengutamakan independensi sebagai wartawan dalam menjalankan tupoksinya.

Dengan hadirnya AJO Indonesia diharapkan dapat menciptakan jurnalis yang handal dan profesional sebagai pilar keempat di bangsa dan negara ini khususnya di Riau.

Digelarnya Musda I, juga untuk menampung aspirasi dan masukan dari DPC AJO Indonesia Riau yang sudah terbentuk, serta menerima laporan dari Sterring Committee kab/kota.

"DPD AJO Indonesia Riau telah mengeluarkan Surat Penugasan Steering Comittee (SPSC) untuk membentuk Organizer Committee(OC)  DPC yang ada di Provinsi Riau," ucap Puncak.

Kata Puncak, DPD AJO Indonesia Riau telah membentuk empat DPC AJO Indonesia Riau. Adapun empat DPC AJO Indonesia Riau yang sudah terbentuk yakni DPC Kabupaten Maranti, DPC Kabupaten Bengkalis, DPC Kabutan Indragiri Hulu, dan DPC kota madia Pekan Baru.

Musda I DPD AJO Indonesia Riau dihadiri sebanyak 75 peserta dari DPD dan DPC se Provinsi Riau, serta dihadiri oleh Pengurus DPD dannDPC AJO Indonesia Provinsi Kepri sebagai tamu undangan. Musda I DPD AJO Indonesia langsung dibuka oleh Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika. (*)

0 comments :