Peringati Hari Jadi, Desa Batu Gajah Gelar Pertunjukan Seni Dan Makan Bersama

 
Peringati Hari Jadi Desa Batu Gajag, Kades Pentas Seni Beladiri Silat
Batu Gajah Kepriaktual.Com; Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke -10 desa Batu Gajah kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, pemerintah desa setempat melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya permainan rakyat dan atraksi seni budaya untuk masyarakat setempat.

Pada malam harinya, menjelang pergantian tahun 2016, Sabtu (31/12/2016), Kades bersama staf dan lembaga desa mengadakan jamuan makan malam dan do'a bersama masyarakat dihalam kantor desa setempat.

Kades Batu Gajah Bahtiar dalam kesempatan itu, mengatakan kesenian daerah merupakan warisan budaya yang harus dikembangkan dimasa mendatang. Untuk itu, pihaknya selalu berupaya menampilkan pertunjukan kesenian daerah yang ada didesanya, dengan tujuan agar masyarakat bisa melihat dan mempelajari kesenian tradisi daerah untuk dilestarikan kepada generasi penerus.

Dikatakan Bahtiar, peringatan hari jadi desa Batu Gajah selalu bertepatan dengan pergantian tahun baru, menggelar pertunjukan kesenian dan budaya daerah merupakan waktu yang tepat disamping menunggu detik-detik pergantian tahun baru.

"Kita berharap dengan penampilan kesenian daerah ini, masyarakat luas bisa tau, bahwa di desa ini memiliki kesenian budaya yang terus dilestarikan keberadaanya kepada anak cucu dan generasi penerus,” ujarnya.

Disamping itu juga, pertunjukan seni daerah untuk memberi motivasi kepada anak - anak sekaligus menarik minat mereka, betapa pentingnya mencintai kesenian budaya daerah yang telah di tinggal nenek moyang kita, ujar Batiar.

Bahtiar meyakini semakin sering ditampilnya kesenian dan budaya daerah yang dimiliki, akan menambah antusias masyarakat terhadap kesenian budaya daerah di desa ini.

"Mudah - mudahan kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerah masih tinggi, untuk kedepannya kesenian budaya daerah di desa ini tidak akan pernah pudar dari generasi ke generasi,”kata Bahtiar

Saat ini, sambung Bahtiar, Desa Batu Gajah memiliki tiga kesenian budaya khas daerah yang terus dilestarikan  keberadannya, seperti seni bela diri pencak silat dari kelompok seni mandiri, permainan alu dan hadrah dari sanggar dendang bermadah.

Kesenian ini terus kita kembangkan, pemerintah desa sangat mensuport kegiatan seni budaya ini, melalui sanggar seni yang telah terbentuk didesa.

"Kita sangat apresiasi kepada pelaku seni ini, baik secara moril maupun meteri, sebab mereka sangat konsisten dalam melestarikan kesenian budaya yang ada didesa ini,” jelas Bahtiar.

Selain itu, pada malam penutupan HUT desa ini, pihaknya juga menyampaikan realisasi pengunaan Anggaran Pendapatan dan Belanjan Desa (APBDes) tahun 2016  kepada masyarakat.

Hal tersebut, tujuan agar seluruh masyarakat desa bisa mengetahui, tentang penggunaan anggaran desa selama tahun 2016, walaupun penyampaian dalam kesempatan itu tidak diterangkan secara detail, setidaknya secara gambaran garis besar masyarakat sudah bisa mengetahui penggunaan dana desa selama tahun 2016.

Sementara itu, pada kesempatan sama Ketua BPD desa Batu Gajah Wahyudin memberikan apresiasi kepada pemerintah desa beserta aparatur yang telah berhasil membawa desa Batu Gajah menjadi desa berprestasi dan dikenal oleh masyarakat luas.

"Pada tahun ini, desa Batu Gajah memperoleh juara I, pada ajang lomba desa tingkat kabupaten dan meraih juara III ditingkat Provinsi Kepri, prestasi ini merupakan suatu kebanggaan dan pencapaian yang bagus buat pemerintah desa batu gajah,” ujar Wahyudin memberikan apresiasinya.

Ia berharap, pada tahun - tahun berikutnya desa Batu Gajah terus memberikan yang terbaik, baik secara prestasi maupun program dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga kedepan desa ini terus maju dan berkembang, baik secara pertumbuhan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat,”harapnya.


 (Doni/Kepriaktual).

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.