Berantas Mafia, Pemkab Natuna Bentuk Tim Saber Pungli





Sekda Pemkab Natuna, Wan Siswandi
NATUNA KEPRIAKTUAL.Com; Untuk mengantisipasi praktek pungutan liar dilingkungan pemerintah kabupaten Natuna, pemda setempat membentuk tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli).

Tim Saber Pungli Natuna, diketuai oleh Bupati Natuna Hamid Rizal, melibatkan Kejaksaan Negeri Natuna, Polres Natuna, TNI AD, AL dan AU, Inspektorat serta imigrasi Natuna.

Sekda Natuna, Wan Siswandi menyebutkan, tim saber pungli Natuna sudah terbentuk, rapat bersama dengan instansi terkait sudah dilaksanakan hari ini, selanjutnya akan ada rapat susulan untuk pembahasan lebih detail, ujar Wan Siswandi kepada sejumlah wartawan dikantor Bupati Natuna Bukit Arai, Senin (9/1/2017).

"Tadi saya baru saja, pimpin rapat bersama instansi terkait, ada pihak Kejaksaan, Polres Natuna, TNI AD, AL, AU, Imigrasi serta beberapa unsur lainya membahas kepengurusan tim Saber Pungli Natuna,” terangnya.

Secara umum tugas tim Saber Pungli, untuk memberi kesadaran dan pembinaan kepada petugas, agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, lebih profesional sesuai prosedur tidak ada praktek suap. Namun setelah dilakukan pembinaan masih juga terjadi tindakan pelanggaran maka akan ditindak, sesuai hukum berlaku, tegas Siswandi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Natuna, Efrianto SH. MH mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung terbentuknya tim Saber Pungli di Natuna. Dengan terbentuknya, tim saber pungli ia berharap pelayanan publik di Natuna, lebih terjamin bebas dari tindakan calo dan pungutan liar.

"Kita berharap tim saber pungli nanti, bisa meminimalisir terjadi, tindakan suap diranah pelayanan publik, baik disatuan SKPD maupun instansi pertikal", ujarnya.

Dalam tim nanti, terdiri dari beberapa unit penindakan, pencegahan dan lain-lain yang melibatkan beberapa unsur seperti TNI, Polri dan Kejaksaan.

Ditambahkan, Efrianto tugas fokok tim saber pungli ini, fokus pada pelayanan publik agar bersih dan bebas suap.



(doni/Kepriaktual).






Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.