Wednesday, May 2, 2018

Ketua DPRD Batam Dukung AJO Indonesia Perangi Hoax

Ditulis oleh: Redaksi kepriaktual.com     Wednesday, May 2, 2018    

Fhoto Bersama Ketua DPRD Batam dan DPC AJO Indonesia Batam dan DPD AJO Indonesia Kepri
BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Ketua DPRD Batam Nuryanto ( Cak Nur) sangat mengapresiasi dan mendukung  Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia yang siap berkontribusi aktif menanggulangi Hoax , serta Yellow Journalism yang saat ini marak dan menggangu stabilitas NKRI.

 “Kita sepakat untuk memerangi Hoax, kata hoax ini sama dengan fitnah. Fitnah dalam agama manapun dilarang, dan itu dosa yang sangat besar," kata Nuryanto saat DPD AJO Indonesia Kepri dan DPC Batam audensi diruang kerjanya, Senin (30/4-2018).

Bahkan, kata Nuryanto, semua sepakat, bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Tetapi sejak kata fitnah diperhalus menjadi Hoax maka sepertinya sudah terjadi pergeseran nilai. Sehingga masyarakat umum terbiasa seolah-olah Hoax ini berbeda dengan fitnah, dan tanpa dosa. Padahal kenyataanya, hoax dan fitnah itu sama dan nilai dosanya ya sama besar.

Untuk itu Indonesia harus diselamatkan dari Hoax atau fitnah yang kini ngetrend di jaman Now, masyarakat  harus disadarkan bahwa Hoax atau Fitnah itu sama, itu musuh kita bersama.

"Saya sangat mendukung para jurnalis yang idealis dan siap mengupgrade diri agar bisa bersaing positif ditengah gempuran efek negatif diera kemauan teknologi," terang Nuryanto.

Nuryanto berharap Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia yang dibangun dengan landasan legal yang kuat dan akan bersinergi dengan Dewan Pers dalam melakukan verifikasi media bisa eksis dan mendukung pembangunan kota Batam.

Data dari Dewan Pers ditahun 2017 saja ada sekitar 47 ribu media tumbuh di Indonesia, 44.300 di antaranya media online, sisanya adalah media cetak, televisi, dan radio.

“Kota Batam ini merupakan wajah Indonesia, dekat dengan negara tetangga tentu bisa menjadi role model peran serta jurnalis yang berkompeten bersinergi dalam menciptakan stabilitas keamanan, ekonomi , sosial dan budaya di Batam, Kepri dan Indonesia, untuk itu Standarisasi jurnalis yang punya punya kompetensi oleh Dewan Pers harus didukung," kata Nuryanto.

Ketua DPD AJO Indonesia Kepri, Jhonni Pakkun mengatakan, kepengurusan DPD dan DPC Aliansi Jurnalistik Online Indonesia se-Kepulaun Riau akan dilantik oleh Ketua Umum  AJO Indonesia Rival  Achmad Labbaika di Hotel Traveloge Batam tanggal 7 Mei 2018, acara pelantikan juga akan di selaraskan dengan acara Seminar sehari yang mengambil tema “ Langkah Maju Jurnalistik Pada Era Digital Tanpa Hoax”.

"6 DPC AJO Indonesia Kabupaten/Kota, dan DPD AJO Indonesia Kepri akan dilantik nanti. Dan ada juga seminar sehari oleh narasumber  tingkat nasional dan tokoh Provinsi kepri tentang kunci sukses kemajuan di Era digital. Bahkan AJO Indonesia juga simultan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan bekerjasama dengan LPDS lembaga penguji yang sertifikasinya"

"Tak diragukan lagi untuk anggota AJOI Indonesia maupun wartawan di Kepri dan sumatra yang berminat untuk maju, kita organisasi terbuka yang siap mendukung semua kebijakan Dewan Pers untuk kebaikan Bangsa Ini," kata Jhonni. (*)

0 comments :